MEMBUAT KONEKSI MODEM GSM/CDMA MAKIN CEPAT

10/01/2011 16:49

Hidup Bisa di Akali……!!!!!

Buku adalah Inspirasi selain Keberanian Untuk Mencoba” gmana bro…apa kalian semua sependapat dengan Sepenggal Kalimat itu, Hmmmmmmm Keliatannya Aneh ya  dan Tidak mudah Untuk dipahami heheheh… Maklum  Kalimat itu Inspirasi sendiri tanpa pake Basa basi atau Tata bahasa yang begituan, arggghhh Makin hancur aj….

Makin panjang aja nih Pendahuluan nya ….Ok bro kita langsung saja masuk ke Latar belakang ( Macam buat Laporan aj ye…), begini bro…!! beberapa bulan yang lalu kan ane beli sebuah Alat yang bisa untuk melihat dunia maya eittt….bukan Luna Maya lo hehheh….kalau orang orang yang berkecimpung di Dunia Teknologi biasa bilang, Itu mah MODEM buat internetan. gua beli Itu Modem yang bisa Langsung Colok ke USB PC/Notebook  tanpa pake CD Instaler karena pas pertama meggunakan itu Modem, langsung bisa Install sendiri pada System si Komputer jinjing (alias Laptop)…

Modem yang ane gunakan ini adalah modem yang menggunakan Kartu GSM, untuk urusan kartu GSM ane selalu mempercayakan pada si Mbah TELKOMSEL  karena itu Provider lah yang menurut ane Mudah dan bersahabat untuk bisa ber Internetan, kebetulan ane kecantol pada Telkomsel FLASH , kartu ini spesial buat Internetan (Browsing). untuk segi jaringaan nya ini FLASH  hanya buat Internetan aj, tidak ada campur tangan dengan Telponan atau SMSan Bandwidth yang disediakan lumayan besar…….

 

 

  Ini dia Tampilan kartu Perdana TELKOMSEL FLASH

 

Untuk memulai berinternetan dengan bantuan Modem dan juga itu si Flash jangan lupa untuk daftarin dulu paket internet Unlimited nya ya. biar Bener- bener Puas dan tidak Wass-wess kalau koneksi habis atau terputus atau lebih keren nya Tanpa Batas/Unlimited heheheh……

Untuk soal modem modem yang ane gunakan adalah sebuah modem yang paling bergengsi di kawasan Arab sono yaitu Modem 3G Etisalat Up to 3,6 Mbps,,,

 

 

 

 

 

 Ini dia Tampilan Sesungguh nya Modem ETISALAT  MF100 ZTE

 

Pada Awal menggunakan tu si Modem cukup memuaskan sih speed down nya sampe 312kbps  namun lama kelamaan Speed downloadnya makin menurun bahkan untuk mencapai angka 60 Kbps bagaikan mendaki gunung Himalaya. hehehheh….terlalu Dramatis ya bro. ya mungkin seperti itulah kiasan yang ane rasakan saat Itu…!! Lama-lama ane mulai jenuh juga menggunakan itu Modem bahkan pernah terpikir apakah ini pembelian sia-sia atau apakah ane harus membeli Modem yang lebih bagus Upto 21mbps. Ohhhh noo...Tak mungkin rasanya Bro berapa biaya yang harus dikeluar kan ….Sedangkan buat makan ane sebagai Mahasiswa dkost aja kadang harus tersendat. Walaupun Uang d ATM ada Puluhan juta siihhh,…Ceahh jd Pamer pula Wkakakkaka……!!!

Terlintas dalam pikiran,,,,””JANGAN MENYERAH MUNGKIN MASIH BANYAK JALAN”” ane pun mulai mencoba mecari berbagai referensi baik itu melalui Internet dan Buku – Buku tentang jaringan Komputer, Untuk refensi yang ane cari lewat Internet mungkin terasa sedikit menyebalkan,bagaimana tidak sob, dengan perasaan kesal dan sedikit patah arang alias hilang semangat ane gunakan juga  tu si modem. dalam hati kembali bergumam “Biar pelan asal referensi nya dapat”  lumayan jg referensi yang ane dapat dan baca cara mempercepat koneksi Modem GSM di internet namun rasanya Kurang Puas Bro,, Akhir nya pada Saat Waktu luang, ane sempatkan untuk mengunjungi Sebuah perpustakaan yang paling megah di Kota tempat ane menimpa ilmu ini ( Kota Pekanbaru Kota bertuah). Kabarnya itu Pustaka merupakan perpustakaan  yang paling Megah dan Lengkap di Indonesia tercinta ini. Memang bener jg sih dengan Arsitektur yang Begitu Megah dan Adem dipandang, Ane Rasa Tidak salah itu Pendapat dari Orang. Dengan Menggunakan Sepeda Motor kesayangan dan yang paling Manis SUPRAX-125 Fighting spirit Wkakakkaka……ane berpacu dalam angan-angan untuk segera cepat mendapatkan apa yang Ane Cari. Untuk urusan perpustakaan ini sebenarnya sudah dari beberapa tahun silam ane sudah menjadi Anggota itu Pustaka. Untuk urusan Prestasi ane di Pustaka ini pernah ikut lomba Karya tulis tentang Kebersihan Lingkungan, sayang sungguh aneh  hanya lolos 20 besar bro…hehehehhe… jadilah dari pada tidak sama sekali dimana persaingan ini didapat setelah melalui beberapa persyaratan dan seleksi dari Ribuan anggota Pustaka. Ok dilanjut !! Akhir nya ane sampai juga di Pustaka dengan tetap semangat setelah berpacu dengan kendraan ibu kota dan angan-angan. ane tetap kuat untuk menaiki lantai 2 dimana di situ  tempat Buku-buku bacaan berbagai bidang Ilmu. setelah sampai ane langsung Mencari Buku di bagian Sains dan Teknologi tepatnya di Bidang Informatika Dan Komputer, Ane Otak atik itu semua Buku yang ada hingga akhir nya ane menemukan sebuah buku yang judul Covernya Cara mempercepat Koneksi Internet dengan Modem Dial-Up karya Antah berantah heheheh…maklum bro untuk urusan penulis nya ane sudah Lupa siapa nama nya. Dengan gagah berani ane buka helai demi helai lembaran buku itu dan ane perhatikan dengan seksama isi dari kandungan nya hehhehehe…macam ibu lagi hamil aj ya..!! akhir nya gue menemukan apa yang gue cari dan dengan tanpa banyak cincong ane berusaha untuk meminjam itu buku dengan masa peminjaman melalui pegawai perpustakaan selama 1 minggu lama nya …ane pulang broooo….dengan hati yang bersinarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…..!!!

Sesampai di Kost ane  terus pelajari semua referensi yang ane dapet , dan itu tanpa basa-basi dan Ilmu nekat gue coba untuk langsung mempraktekkan pada Notebook dan Modem ane,, Awal percobaan lumayan bagus namun masih kurang puas akhir nya dengan terus berjuang  ditambah bumbu-bumbu aplikasi tambahan dan sebuah penemuan ane yang paling Mutakhir. Ane Akhirnya mendapatkan kebahagian ane Kembali yang selama ini telah di renggut Wkakakaakkakaka……

Sampai saat ini ane sudah dapat internetan dengan modem standart ane dengan Speed down Minimal 514Kbps …Perlu diketahui untuk streaming tidak ada kata Lemot lagi…semua sudah lancer bagaikan Kentut yang Lepasssss….,

Tentu nya kelebihan yang kita dapat tidak mungkin kita simpan dan gunakan sendiri karena ilmu itu tidak ada matinya dan tentu suatu saat kita pasti membutuhkan inspirasi dari orang lain untuk itu ane coba untuk merangkum semua pelajaran dan penemuan yang ane dapat kepada semua sohib pembaca sekalian

Ini dia ISI dari segala Isi mari di pahami dengan seksama Ok…..Mulai serius nih….

I. Menggubah setting bandwith Pada windows

Pada dasarnya OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal,Jika anda ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.


Ikuti petunjuknya seperti dibawah ini :

  1. Klik Start
  2. Klik Run
  3. Ketik gpedit.msc
  4. Kemudian klik Ok
  5. Setelah masuk klik Administrative Templates
  6. Kemudian Klik Network
  7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
  8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
  9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
  10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
  11. Klik Apply,ok
  12. Kemudian keluar dan Restart komputer

II. Gunakan DNS dari OpenDNS untuk koneksi internet yang lebih cepat dan lebih aman.

  1. Klik Start
  2. Klik Control Panel
  3. Pilih Network & Internet Connection
  4. Klik Network Connection
  5. Klik Kanan Local Area Connection pilih Properties
  6. Pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian Klik Properties
  7. Klik Use Following DNS Server
  8. Isi Preferred DNS Server dengan angka : 208.67.222.222
  9. Isi Alternate DNS Server dengan angka : 208.67.220.220
  10. Kemudian Klik OK

III. Jika menggunakan Browser Firefox gunakan add on Fasterfox, bisa di download disini.

Fasterfox adalah sebuah add on yang berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan melakukan optimasi pada network dan cache browser. Fungsi dari cache adalah untuk menyimpan data sementara dari website yang kita kunjungi, sehingga ketika kita membuka kembali website tersebut proses loading-nya akan lebih cepat karena datanya telah disimpan di cache.
Beberapa optimasi yang dapat dilakukan oleh fasterfox adalah: HTTP pipelining, Memory caching,Disk caching,DNS caching,FastBack caching.

 

IV. Bagi pengguna Firefox, silahkan pasang addons Adblock
Fungsinya adalah untuk mem-filter iklan-iklan yang tidak perlu pada saat kita browsing, sehingga proses loading akan menjadi lebih cepat dan maksimal.

V. Gunakan Aplikasi Fire tune

FireTune adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan koneksi Internet dan browser Firefox, sesuai dengan koneksi Internet dan kondisi komputer yang digunakan. FireTune berbeda dengan add-ons yang dipasangkan pada browser Firefox, aplikasi ini bisa dijalankan langsung tanpa harus di install terlebih dahulu. Uniknya, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa macam bahasa termasuk bahasa Indonesia. FireTune ini bisa digunakan untuk FireFox versi 1, versi 2 dan versi 3.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penggunaan aplikasi Firetune ini, berikut langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi Firetune disini.

2. Karena masih dalam bentuk zip, ekstrak terlebih dahulu

3. Sesudah di ekstrak Kita akan mendapati beberapa file, double click pada file FireTune.exe.

4. Sebelum Kita melakukan optimasi, sebaiknya Kita mem-backup konfigurasinya terlebih dahulu, untuk itu klik tombol Buat Backup Konfigurasi, jika hendak mengembalikannya lagi ke semula klik Kembali ke konfigurasi Asli.

5. Jika proses backup telah dilakukan maka tampil konfirmasi, lalu klik OK.

Setelah semua proses instalasi selesai, silahkan coba koneksi kan Modem nya sob,dan Try browsing dan disconnect kan…setelah beberapa saat Coba laah Koneksi kan kembali….akhir kata  SELAMAT MENIKMATI Broo…… Mohon maaf atas Segala Kekurangan,kesalahan dan kekhilafan Semoga apa yang ane berikan ini bermanfaat dan tanpa lupa seraya bersyukur kepadal Allah Swt atas segala kesempatan dan Kenikmatan ini……..

 

 

 

 

Nb: Apabila hasil belum memuaskan silahkan hub ane n kunjungi Homebase ane tanpa lupa membawa sedikit cemilan penguat perut Wkakakka…..Pintu Kost selalu terbuka…Ok

 

Sumber: https://www.lintasberita.com/go/1100364

               Komputer networking ED TITTEL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                   

 

 

 


www.detik.com